Sistem Manajemen Inventory



Inventori
Inventori pada perusahaan biasa digunakan untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan. Begitu juga dalam bisnis industry manufacturing, inventory digunakan untuk aktivitas produksi yang mana untuk memenuhu kebutuhan pelanggan yang dimana tidak dapat diprediksi seberapa besar kebutuhannya maka kita harus tetap menjaga stok inventory dalam kegiatan produksi. Menggunakan aplikasi sistem inventory akan memudahkan Anda mengelola stok barang perusahaan Anda, apabila ingin membuat aplikasinya sekarang sudah ada jasa pembuatan software inventory untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Berikut adalah alasan mengapa perusahaan harus tetap menjaga stok Inventory :
- Bisa memenuhi kebutuhan pelanggan diwaktu tertentu.
- Mengambil keuntungan ketika ada diskon dari supplier
- Menghindari dari fluktasi harga yang meningkat
- Menyediakan Buffer (persediaan cadangan) untuk kondisi permintaan yang tidak
menentu.
- Menjaga kelangsungan proses produksi.

Inventory juga sebagai material dan persediaan yang keduanya dimiliki oleh suatu badan usaha atau institusi untuk penjualan atau persediaan masukan untuk proses produksi. Seluruh badan usaha atau institusi membutuhkan inventory dan biasanya inventory merupakan bagian yang besar dari total asset. Mengingat pentingnya sistem inventory barang dalam dunia bisnis sekarang maka dari itu jasa pembuatan program inventory hadir di Indonesia. Inventory sangat penting bagi perusahaan manufaktur secara finansial, inventory biasanya mewakili 20% sampai 60% dari total asset di dalam balance sheet. Tujuan dasar dari inventory adalah memisahkan antara permintaan dan penawaran.

Inventory bertugas sebagai penyangga/perantara antara :
a. Permintaan dan penawaran
b. Permintaan pelanggan dan barang jadi
c. Barang jadi dan ketersediaan komponen
d. Persyaratan untuk suatu operasi dan output dari operasi sebelumnya
e. Bagian dan material untuk memulai produksi dan persediaan material


Manajemen inventory adalah suatu sistem yang bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengawasi inventory mulai dari tahap raw material sampai ke pelanggan. Agar suatu badan usaha memperoleh keuntungan yang optimal maka manajemen inventory harus bertujuan sebagai berikut :

a. Pelayanan pelanggan yang maksimal
b. Biaya operasional pabrik yang rendah
c. Investasi inventory yang minimal


Karena inventory disimpan di gudang, maka secara fisik manajemen inventory dan gudang sangat berkaitan. Dalam beberapa kasus, inventory mungkin disimpan untuk jangka waktu tertentu. Dalam situasi lain, perputaran inventory sangat cepat dan gudang berfungsi sebagai pusat distribusi.

Posting Komentar

0 Komentar