Pemasaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem ekonomi pada masyarakat modern. Pemasaran dengan menggunakan komunikasi pemasaran sudah berkembang dewasa ini menjadi sistem komunikasi yang sangat penting tidak saja bagi produsen barang/jasa, tetapi juga bagi para konsumennya. Kemampuan dan metode promosi dalam menyampaikan informasi kepada konsumen merupakan hal yang penting dan berpengaruh terhadap keberhasilan pemasaran dan pembentukan merek suatu perusahaan. Maka peran komunikasi pemasaran dalam pengelolaan sebuah perusahaan sangatlah penting, terlebih lagi dengan semakin maraknya persaingan bisnis di segala sektor usaha. Untuk menyiasati hal tersebut, beberapa perusahaan menggunakan jasa social media marketing untuk membantu mengoptimalkan metode promosi yang ingin disampaikan oleh perusahaan ke konsumen. Hal ini membuat perusahaan wajib membina komunikasi dan hubungan dengan pelanggannya supaya tetap dapat bertahan/retensi dan loyal terhadap produk/jasa yang ditawarkan perusahaan. Oleh karena itu, komunikasi pemasaran tidak lagi hanya menjadi beban pemikiran divisi pemasaran saja, melainkan menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh divisi yang ada di dalam perusahaan. Bisa dikatakan, komunikasi pemasaran merupakan bagian dari solusi bisnis dan bukan hanya solusi pemasaran belaka.
Selanjutnya ketatnya situasi persaingan usaha, perkembangan teknologi, dan perubahan perilaku konsumen membuat perusahaan segera menerapkan komunikasi pemasaran terpadu. Komunikasi pemasaran memiliki peran kunci dalam membentuk citra merek dan meningkatkan penjualan sebuah merek. Strategi penempatan merek adalah salah satu strategi dalam komunikasi pemasaran. terpadu. Strategi ini dinilai lebih efektif dibandingkan strategi komunikasi iklan melalui media televisi. Konsep strategi penempatan merek sudah ada sejak lama dan terus berkembang seiring dengan perkembangan peradaban manusia. Dengan mempelajari, memahami dan mengimplementasikan strategi tersebut, perusahaan dapat memaksimalkan sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan komunikasi pemasaran secara efektif dan efisien.
Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan pada berbagai macam produk/jasanya, pada umumnya menggunakan media iklan tradisional seperti iklan televisi, iklan koran serta majalah, iklan radio, dsb. Kondisi tersebut sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia di mana wilayah Indonesia yang luas dan tersebarnya target audiens di berbagai pulau, diikuti dengan taraf ekonomi yang masih rendah, membuat televisi dan radio sebagai media yang masih memberikan ketertarikan. Pertumbuhan media iklan tradisional bertumbuh dan berkembang dengan cepat. Beberapa kondisi dan situasi yang dapat dicermati seperti pertumbuhan pesat dari stasiun televisi baik untuk televisi nasional maupun televisi lokal serta munculnya berbagai macam koran dan majalah yang melayani segmen konsumen terbatas (niche segment market). Hal ini memberikan dampak yang besar bagi kalangan industri terutama berkaitan dengan kegiatan komunikasi pemasaran produk mereka. Sedangkan bagian public relations hanya digunakan untuk mengelola kegiatan publisitas, mengelola corporate image dan juga mengatasi urusan yang berkaitan dengan publiknya. Public relations belum dianggap sebagai bagian integral dari kegiatan pemasaran perusahaan. Hal itu mengindikasikan kegagalan pemahaman perusahaan terhadap pentingnya mengkoordinasikan segala kegiatan pemasaran dan promosi agar dapat menjalankan fungsi komunikasinya dengan efektif dan dapat memberikan citra yang konsisten kepada khalayak. Bentuk-bentuk komunikasi pemasaran yang lain, seperti promosi penjualan dan pemasaran langsung semakin berkembang dengan adanya perkembangan internet.
Berkembangnya pemasaran langsung adalah fenomena yang harus diikuti perkembangannya oleh perusahaan, termasuk diantaranya beberapa teknik seperti telemarketing, e-mail, viral marketing, text messaging dan postal mail di mana katalog pemasaran memegang porsi terbesar. Internet sendiri benar-benar telah menjadi sebuah fenomena yang tumbuh dengan sangat pesat. Media elektronik ini mampu menembus batas-batas wilayah, budaya, dan kelas sosial. Internet kini telah menjadi bagian dunia global yang dapat diakses secara universal. Untuk situs-situs yang sudah populer dapat menarik puluhan ribu pengunjung setiap hari. Dalam perkembangannya yang relatif baru, media tersebut sudah mampu menembus tiga atau empat generasi dalam konsep komunikasi pemasaran.
Strategi komunikasi pemasaran menjadi alat yang penting dan mulai diperhitungkan dengan serius dalam sistem pemasaran online. Sistem bisnis online lebih mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan investasi yang besar baik di awal maupun ketika pengoperasiannya. Strategi ini hanya membutuhkan koneksi internet yang bagus sebagai modal awal untuk membangun bisnis online ini. Sifat pasar online yang sangat dinamis dan menuntut perubahan cepat akan membutuhkan reaksi dan langkah yang tepat agar sebuah produk jasa dapat bertahan dan memenangkan persaingan.
Pemasaran online atau e-marketing merupakan komponen dari e-commerce yang berfokus kepada pelaku pasar. Pemasaran online adalah proses strategi dalam membuat, mendistribusikan, mempromosikan, dan memberikan harga serta pelayanan yang baik kepada target market melalui internet atau media digital.
Saat ini, media yang digunakan oleh digital advertising agency sudah semakin luas dan beragam yang diantaranya adalah jasa social media marketing dan jasa social media management. Dan dalam dunia yang mulai berkembang pesat ini, online marketing menjadi satu cara untuk melakukan penjualan yang konstan. Teknologi yang semakin berkembang membuat persaingan saat ini juga semakin ketat dan harapan yang meningkat dari konseumen terhadap marketer. Media digital advertising membuat iklan menjadi mobile dan dimanapun audiens berada mereka dapat melihatnya. Hal ini dikarenakan media yang digunakan untuk menempatkan iklan maupun campaign tersebut melalui media digital. Semakin hari teknologi semakin dibutuhkan oleh manusia dan membuat banyak orang yang tidak bisa lepas dari alat komunikasi atau gadget, seperti handphone. Hal ini dimanfaatkan oleh media digital advertising untuk membuat iklan yang menarik yang biasanya dibentuk konten berbasis internet. Sehingga audiens akan semakin mudah untuk melihat iklan maupun campaign tersebut, maka dari itu mengapa media digital dianggap lebih efektif untuk melakukan pemasaran saat ini. Yang mana media digital akan menargetkan konsumen dengan pesan yang tepat, ditempat yang tepat dan waktu yang fleksibel karena target audiens dapat melihat sesuai dengan waktu yang mereka inginkan. Pesan iklan yang ditampilkan pun akan bersifat tersirat dalam konten yang menarik. Dan seiring dengan berkembangnya teknologi, maka pemahaman agensi terhadap hal baru pun ikut berkembang.
0 Komentar