Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi


Teknologi komunikasi informasi sangat berperan dalam mendukung meningkatkan produktifitas, efisiensi dan memungkinkan pekerjaan dilakukan dari mana saja, seperti yang dilakukan jasa social media marketing. Teknologi seluler dalam perkembangannya tidak hanya sebagai pendukung dalam komunikasi lisan jarak jauh, tetapi juga komunikasi teks yang lebih dikenal dengan layanan singkat (SMS), kemudian komunikasi media atau multimedia service (MMS). 


Bahkan komunikasi data pun sudah dimungkinkan dengan adanya teknologi general packet radio service (GPRS). Teknologi internet berbasis Wi-Fi dibuat dan dikembangkan sekelompok insinyur Amerika Serikat yang bekerja pada Electrical and Electronic Engineers (IEEE). Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. 


Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan.  Karena itu banyak yang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus atau café-café yang bertanda “Wi-Fi Hot Spot”. Kelebihan Wi-Fi adalah kecepatannya beberapa kali lebih cepat dari modem kabel yang tercepat. Dengan demikian pengguna Wi-Fi tidak lagi harus berada di dalam ruang kantor untuk bekerja.


Sejak pertama kali internet ditemukan, teknologi ini memang ditujukan untuk mengubah bagaimana kita bekerja dan menjalani hidup. Pada perkembangannya, internet tidak hanya digunakan untuk sekadar bertukar e-mail dan browsing juga digunakan untuk jasa social media marketing. Banyak aplikasi dikembangkan untuk dapat berjalan di atas Internet Protocol sehingga bisnis dapat berjalan lebih produktif. Berbagai koneksi akses internet sudah tersedia di kota metropolitan. Mulai dari rumah, pusat pertokoan, restoran dan kafe, gedung perkantoran sampai bandara. Mulai dari dial-up, kabel, ADSL dan hotspot yang semakin banyak dan mudah ditemui.

Posting Komentar

1 Komentar

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)